Sektor Kelautan dan Perikanan

Kelautan dan Perikanan

Sektor produksi lain yang tidak kalah pentingnya dalam membangun ketahanan pangan dan gizi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah sektor kelautan dan perikanan. Potensi pantai sepanjang 200 km membentang disebelah barat dan selatan Kabupaten Tanah Laut, dengan sumber daya ikan yang melimpah merupakan anugerah bagi masyarakat Tala.

Dalam rangka memanfaatkan potensi sektor kelautan dan perikanan tersebut pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya diantaranya modernisasi alat tangkap, bantuan kapal, peningkatan akses permodalan melalui koperasi Swamitra Mina dimana tahun 2009 lalu tidak kurang sudah dikucurkan kredit nelayan sebesar 2 milyar rupiah lebih, peningkatan SDM nelayan dan lain lain.

Dari upaya upaya tersebut telah berdampak pada tingkat produktifitas nelayan, dimana pada tahun 2009 tersebut produksi ikan tangkapan perikanan laut mencapai 24.562 ton, sedangkan tahun 2010 hingga bulan September telah mencapai 19.655 ton. untuk ikan perairan umum pada tahun 2009 sebanyak 1.662 ton, dan hingga september 2010 sebanyak 1.211 ton. Untuk produksi ikan budidaya pada tahun 2009 sebanyak 708 ton dan tahun 2009 sampai september 2010 telah mencapai 788 ton. Semakin membaiknya hasil tangkapan nelayan, khususnya perairan umum maupun budi daya tentunya

Saat ini telah terdapat 5 perusahaan yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan, yaitu PT. Suri Tani Pemuka, PT. Isotop Bangun Sejahtera, PT. Ocean Gemindo, PT. Borneo Surya Abadi dan PT. Karimatan Timur.

Peluang Investasi

  • Industri Perikanan air tawar dan laut
  • Pengembangan Pelabuhan Laut

Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Tanah laut

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s